Selasa, 21 April 2009

Met Hari Kartini

Hari ini tepat tanggal 21 April 2008, mungkin kita sudah lupa kalau tidak mau dikatakan melupakan.. yo mo gimana lagi, setelah kita lulus dari namanya bangku sekolah kita sering entah sengaja atau tidak lupa akan hari KARTINI. Karena sewaktu masih di bangku sekolah kita sering diingatkan dengan perayaannya yang mengharuskan kita pake kebaya atau setidaknya kita ingat ketika menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru-guru kita. Namun, sekarang seiring bertambahnya usia dan perbedaang lingkungan membuat kita semakin enggan untuk tahu dan ingat tentang perayaan hari KARTINI.
Memang sich merayakan hari KARTINI, tak selalu harus memakai kebaya dan bersanggul seperti beliau, tetapi ensensinya adalah meneladani perjuangan dan kerja keras beliau untuk merubah nasib para wanita khususnya di Indonesia. Yang kala itu jauh sekali di bidang pendidikan, pendidikan yang ada hanya menomorsatukan lelaki. Meskipun ada wanita yang bersekolah jumlahnya hanya sedikit sekali.
Namun, kini setelah beberapa puluh tahun berlalu dan berganti, dan meski belum semua kaum perempuan di Indonesia menikmati pendidikan yang layak tetapi setidaknya sudah banyak kaum perempuan yang membuktikan bahwa ia mampu baik segi kapabilitas dan kapasitas secara intelektual untuk sejajar dengan kaum pria. Banyak contoh, dokter, perawat, insiyur atau profesi lain yang dulunya hanya didominasi kaum pria.
Semoga perjuangan ibu Kartini tidak sia-sia, aku sebagai perempuan berharap terus bisa meneruskan dan mewarisi serta meneladani perjuangan beliau..chayoooo.....pisss....;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar