Minggu, 17 Oktober 2010

MalPraktek

Alhamdulilah bulan puasa kemarin Alloh masih sayang denganku sehingga aku diberikan "sakit". Sakit kok bersyukur? orang yang aneh...:#-S, ya itu tandanya aku sudah dialarm untuk istirahat.
Awal sakitnya hanya pusing di kepala, rasanya kepalaku dikasih bandulan seberat satu kuintal bueerat rat gitu, mikirnya sih karena kemaren pas buka ikut mencicipi segernya buah semangka yang merah itu...hmmm slurp jadi anemianya kambuh. Sepulang kantor mampir apotik ah, beli obat anti anemia. Tapi kok ya malemnya badan malah panas dingin g karuan, wah-wah ini alamat. Keesokan harinya masih maksain diri buat ngantor karena mo ngapain juga di rmh sendirian. Alhamdulilah masih kuat bertahan.
Lanjut hari kedua, demamnya juga g turun-turun, masih aktifitas ngantor tapi jam 09:30 pertahanan aku jebol juga akhirnya. Tak kuat menahan pedasnya mata ini, tak kuat menahan dinginnya AC padahal kalo kondisi normal tuh AC g mempan malah dibantu kipas angin (maklum PKnya kecil harus mendinginkan ruangan yang luas pastilah ngos-ngosan). Akhirnya ijin pulang.
Namun g langsung pulang juga, lho-lho pergi kemana tuh?. tenang sodara-sodara saya g akan main ke mall kok cuman mo mampir ke sodara saya yang lagi tugas ke puskesmas. Maklumlah peserta asuransi setara jamsostek ini hanya bisa mendapatkan perawatan di puskesmas (melasdotcom).
Nyampek di Puskesmas antri bentar, bayar karcis dan nunggu lagi untuk dipanggil ke ruangan periksa pasien. Tik..tik...detik demi detik berlalu, dan taraaaa namaku dipanggil dan masuklah aku ke ruang periksa. Ada dua dokter lagi bertugas, seorang ibu dan seorang pak dokter yang rada bule menurutku tapi bukan bule sih. Oleh Bu dokter aku ditanyain keluhannya apa? aku jawab :
1. Pusing
2. Demam, dah 2 hari ini g sembuh-sembuh dok, tapi g batuk dan flu serta pilek
3. Sendi-sendi rasanya ngilu
Bu dokter mencatat keluhanku di list kartu berobat pasien, dan seorang asisten bu dokter ini ( mgkn mahasiswa yang lagi koas) memeriksa tekanan darahku. Setelah menganalisa, bu dokter menawarkan aku untuk cek darah. Cek darah..? iya takutnya anda kena DB. Okelah bu saya cek darah.
Keluar dari ruang periksa menuju ruang lab untuk cek darah, tunggu bentar disuruh masuk ditusuk diambil darah. Ugh keringat dingin juga lihat darah diambil gitu, hmm padahal dulu pernah kepikiran jadi perawat hikz. Disuruh nunggu lagi..:(, abis keluar dari tes darah panas tubuhku malah menjadi, pusing, mual-mual pengen muntah tak tertahankan. Rasanya pengen pingsan aja. Dugh, ada kursi panjangnya nih, berbaring ajah disitu mirip seorang pengungsi aja. 30 menit berlalu, hasil tes keluar.
Masuk lagi ke ruang periksa dan kukasihkan surat cintaku ke Pak dokter, karena bu dokternya minta diserahkan ke Pak Dokter. Pak dokternya nanya-nanya lagi keluhan penyakitnya ke aku, trus aku jawab sesuai jawaban sebelumnya trus dari hasil lab kadar darahnya normal.
Si Pak dokter tanya lagi : " anda batuk, flu, pilek..?", tidak pak saya tidak batuk, flu dan pilek.
Trus kok bisa panas kenapa? sang pak dokter malah balik nanya ke aku,
Aku : ya mana kete dok, ya kalo saya tahu kenapa saya ke sini dok..sungutku
Pak Dokter : "hmmmm....., lha terus kenapa ??"
: Apa karena flu-flu yang lain?
Aku :Flu yang lain apa maksudnya Dok?
:Dokter, saya bisa minta surat keterangannya ???
Pak Dokter : hmmm g perlulah...ntar istiraht besok anda sudah baikan kok, dengan nada tidak perduli.
: Ini resepnya, silahkan ambil obatnya.
Ku berjalan dengan agak dongkol juga ma analisa dokter ini..tapi ya sudahlah, mungkin inilah nasib kelas ekonomi, pelayanan murah selalu berbanding lurus dengan kualitas pelayanan yang seenaknya.
Diloket obat kuserahkan resep dari dokter, nunggu lagi...
Apoteker : Krisna....
: Ini obatnya, batuk pilek dan flunya, minumnya 3 kali sehari setelah makan.
Aku : Ok terima kasih (sambil tertawa menahan kecewa juga sih ).
Sampai rumah tuh obat tak aku minum karena aku g flu batuk dan pilek, cuman obat demamnya aku pernah minum sekali karena malam berikutnya demamnya kambuh lagi hingga 3 hari ke depannya. Dan akhirnya aku putuskan untuk ke klinik lain setelah dibujuk oleh temanku dan juga sudah merasa tak sanggup menahan panasnya.
Di klinik ini aku didiagnosa mengalami gejala thypus. Inilah wajah pelayanan kesehatan di negeri ini, seenaknya mendiagnosa tanpa mau mendengar keluhan pasien apa karena dulu dokternya g lulus ya pas mata kuliah ini...? hihi jadi buruk sangka. Semoga hal ini tak terjadi lagi ke pasien-pasien lain. amien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar