Senin, 15 November 2010

Sekarang atau Besok tak mengapa

Perbedaan itu adalah Anugerah

Inilah tahun kedua aku merayakan idul Adha tanpa keluarga, karena masalah jarak dan hari libur yang cuman sekejap mata. Dulu sewaktu kuliah juga terpaksa tidak merayakan Idul Adha bersama keluarga karena liburnya cuman sehari dan kinipun terulang lagi. Sedih...tentunya. Rasanya miris saja ketika mendengar takbir jauh dari kehangatan keluarga. Meski tak hanya sendiri namun rasanya seperti tak punya keluarga saja..huhuhuhu mo nangis-nangis bombay tapi kok terlalu lebaydotcom ah.
Tahun ini menurut keputusan pemerintah sudah ditetapkan bahwa untuk hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Rabu 17 November 2010, namun ada sebagian umat islam yang lebih dahulu untuk merayakannya yaitu pada hari Selasa 16 November 2010 karena berkiblat dengan pelaksanaan wukuf di padang Arafah. Tetapi tak jadi mengapa. Semuanya pasti punya dasar dalam melaksanakannya, tak perlu dan tak usahlah perbedaan ini menjadi perpecahan tetapi mari disikapi sebagai keberagaman dalam bertoleransi. Karena disinilah diuji kearifan kita sebagai sesama muslim untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan. Tak perlulah saling mencela atau mencari pembenaran sendiri atas sebuah perbedaan. Jangan sampai pula perbedaan ini menjadi tombak perpecahan, meskipun akhirnya terkesan bahwa umat Islam tidak kompak.
Inilah Indonesia, semoga dengan momentum Idul Qurban ini kita menjadi pribadi yang lebih santun terhadap sesama dan menganggap perbedaan sebagai sebuah rahmat dan anugerah. Selamat Idul Adha 1431 Hijriah untuk yang hari ini atau besok merayakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar